26 August 2023       63 kali
Lumajang - Penyerahan trophy oleh bapak kasi pendma kabupaten Lumajang dalam rangka juara KSM tingkat Kabupaten di Aula Kemenag. Sabtu (26/08/2023).
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun gairah kompetisi sains dikalangan siswa pada madrasah. Awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.
Kompetisi Sains Madrasah 2023 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat).
Adapun mata pelajaran yang dilombakan ditingkat MTs/SMP yaitu Matematika, IPA dan IPS.
KSM diawali ditingkat satuan pendidikan, yang mana didelegasikan 2 siswa terbaik untuk mengikuti seleksi KSM ditingkat kabupaten. Hasil dari KSM kabupaten 5 terbaik berhak mengikuti seleksi ditingkat provinsi.
Annifa Sujatmiko, salah satu siswa terbaik di MTs. Ma'arif NU Nurul Islam Bades berhasil menempati peringkat 5 dari 99 peserta mapel IPA di kabupaten Lumajang. Kemudian dilanjutkan di tingkat provinsi memperoleh peringkat 28 dari 190 peserta se Jawa Timur.
"Saya akan belajar lebih tekun lagi dan akan mengikuti KSM di tahun selanjutnya" ujar Annifa.
Acara ini dibuka oleh bapak Kasi Pendma Dan dilanjutkan dengan penyerahan trophy kepada juara 1-5 KSM ditingkat kabupaten Lumajang oleh bapak H. Hasanuddin, M.Pd.I .
Semoga siswa siswi yang lain lebih termotivasi dan meningkatkan intensitas belajar baik di sekolah maupun di rumah.