07 May 2024       83 kali


Selasa, (07/05/2024). Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU Nurul Islam Bades menggelar kegiatan Rapat Rutin dan Pembinaang oleh pengawas Madrasah yang diikuti oleh seluruh Ustad/ustadzah beserta staff dan dilaksanakan di Kelas VIIIC. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengevaluasi kinerja ustad/ustadzah beserta Staff selama bulan kemarin dan mensosialisasikan beberapa program yang akan dilaksanakan sebulan mendatang, serta untuk mensolidkan kinerja seluruh ustad/ustadzah beserta Staff. Kegiatan ini terlaksana dengam beberapa rangkaian kegiatan yang diantaranya ada tawassul, Tahlil, Doa, Sambutan Kepala Madrasah, pembinaan oleh Ibu pengawas, pemaparan oleh setiap waka, dan sesi tanya jawab.

"Dengan ketentuan dari KKMTs Wilker 4 bahwasanya saat pelaksanaan AMBK siswa diintruksikan untuk belajar dirumah masing-masing kami mohon untuk seluruh guru mapel memberikan beberapa tugas agara supaya siswa masih tetap melaksnakan pembelajaranya di rumaj masing-masing dan kerjasamanya untuk memantau kegiatan yang sudah dilakukan dimadrasah tetap terlaksana dirumah masing-masing. Terkait kebersihan (depan kelas maupun taman) ini masih saja menjadi kendal mulai dari dulu, kami mohon guru mapel yang terakhir mengkondisikan untuk piket kelas dan kalau habis dibuat kegiatan dimohon langsung hubungi pembina masing-masing dan madrasah kita ini kelihatanya kurang hijau karena di depan kelas masih kelihatan gersang. Kami harap para wali kelas intens dalam berkoordinasi dengan bapak sarpras agar kelas yang ada semakin hijau. Dimohon direktur Entrepeneur dan para wali kelas bekerja sama untuk menerangkan kembali kewali murid yang kemarin tidak bisa menghadiri pertemuan kemarin. Untuk MGMP ini nanti akan dilaksanakan pada setiap wilker dan dibuka secara bersamaan di MTs Ma'arif NU Nurul Islam Bades pada tanggal 20 mei 2024 sebanyak 247 peserta se-wilker 4. Untuk yang terjadwal dalam piket gerbang/imam sholat dhuha dan duhur dimohon untuk memperhatikan jadwal yang sudah didapat serta kami mohon untuk kurikulum serta pembina keagamaan apabil ada yang tidak melaksanakan tugas untuk dicatat dan dishere digroup Madrasah". Ujar Bapak Mohammad Safik, S.Pd., M.Pd. selaku kepala Madrasah.

"Untuk mapel umum dan mipa yang mendampingi adalah bunda vivi dan kami akan menyusun pengurus untuk wilker IV. Setelah pembukaan MGMP nanti akan membahas tentang pembuatan soal yang berbasis literasi untuk persiapan ANBK. Kita akan diberi beberapa pilihan dalam soal antara PG, PGK, B/S, Menjoohkan, jawaban singkat dan uraian. Raport pendidikan itu berasal dari rapor mutu dan ANBK. Jangan lupa saat pembuatan EDM, RKT, RKAM dilaksanakan dengan Tim yang sudah dibentuk dimadrasah dan jangan lupa saat pembuatan EDM jangan lupa menganalisisnya dalam pemberian nilai dari 1-4. Dan jangan lupa juga nanti saat pembuatan EDM dll dikumpulkan Koordinatornya agara supaya nanti mereka akan mengawal dalam pelaksanaan programnya dan bisa memantau dalam keberhasilan atau tidaknya program tersebut. Ini kita lihat Raport pendidikan kita yang dari pusat sudah bagus, karena hanya ada 2 nilai yang kurang antara lain kebinekaan dan kualitas pembelajaran". Ujar ibu pengawas Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd.

"Kalau ada sarana prasarana di setiap kelasnya yang kurang atau tidak layak monggo dikomunikasihkan ke waka sarpras secara langsung. Seandainya kalau bisa setiap ada kegiatan dibentuk juga sie perlengkapan agar bisa berkolaborasi dengan waka sarpras. Dan untuk kebersihan dan kebersihan taman yang ada didepan kelas bisa dilaksanakan kepada kelas yang memiliki taman di depan kelasnya". Ujar Ustad Muhamad Arif Musthofa, SE. Selaku waka Sarpras.

"Dimohon partisipasinya Bapak Ibu wali kelas untuk setiap hari senin mengikuti upacara rutin dan evaluasi siswa dengan para wali kelas, agar supaya kalau ada masalah/kendala bisa terselesaikan dengan cepat dan kalau ada permasalahan biar tidak berlarut-larut. Dan untuk kegiatan sholat dhuha dan duhur ustad/ustadzah ikut mendampingi anak-anak melaksanakan sholat mulai dari awal sampai akhir biar tidak ada yang menjadi ma'mum masbuk dan anak-anak bisa bersalaman saat selesai sholat.  Untuk perizinan siswa monggo kita sepakati bersama-sama karena perizinan siswa di marasah ini memang sangat mudah dan akhirnya banyak sekali siswa yang izin, untuk perizinan nanti apakah bisa lewat HP apakah harus izin ke Madrasah, dan akan dilaksanakan soaialisasi kewali murid. Dan untuk piket kelas jangan lupa guru mapel yang terakhir ikut mendampingi agar hari esok tidak kotor". Ujar Ustad Muhammad Anwar Arisadi, S.Pd. Selaku Waka Kesiswaan.

"Dalam kegiatan UAMNU, Ujian Praktek sdh di laksanakan (Nilai Raport, Nilai UAMNU, dan Nilai Praktek segera diselesaikan dan disetor ke kurikulum) ada beberapa evaluasi yang jadi padoman untuk tahun depan. Dan Rencana Program nanti akan ada PAT yang dilaksanakan pada bulan Juni awal, pengerjaan nilai di RDM dan libur semester 2 mulai akhir Juni. Serta MGMP wikler 4 akan dilaksanakan pada ajaran baru dengan 12 mapel". Ujar Ibu Lailiyatus Su'adah, S.Pd. selaku Waka Kurikulum.

"Dimohon kalau ada segala sesuatu yang prihal informasi (pengumuman madrasah/sosmed) Madrasah yang di infokan di group Madrasah bisa langsung diteruskan ke group kelas/wali murid. Dan sehubungan rutinan anjangsana guru sudah berakhir maka untuk rutinan anjangsana dibulan ini akan diawali di rumah ustad Mohammad Safik, S.Pd., M.Pd. ". Ujar Ustad Muhammad Maftuh Sururi, S.Pd.

Selain dari pembahasan dari beberapa wakil kepala ada beberapa informasi yang disampaiakan antara lain.

1. Untuk pelaksnaan Akhirussanah kelas IX dilaksnakan pada tanggal 15 Juni 2024 dengan tema "Tradisional" dan untuk rangkaian kegiatan hampir sama dengan tahun-tahun kemarin.

2. Untuk pemerolehan PPDB sebanyak 89 peserta didik dan akan dilaksanakan tes akademik, non akademik, atau lainya pada tanggal 10 Juli 2024. Untuk PPDB tahun anggaran 2024/2025 akan ditutup pada tanggal 15 Juli 2024.

3. Untuk setiap ada permasalahan siswa akan di selesaikan oleh wali kelas yang berkolaborasi dengan Tatib, BK, dan Kesiswaan. Untuk dikelas VIID (Fitria, Kamila, dan Rachel) kelas VIIB (Putra), kelas VIIID (Febby), kelas VIII E (Syiki). Dan semua itu akan dilaksanakan sesuai prosedur dengan pemanggilan wali murid yang bersangkutan.