13 June 2024       43 kali

Kamis, (13/06/2024). Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU Nurul Islam Bades melaksanakan kegiatan Dalailun najah. Kegiatan ini merupakan Istighatsah yang dibaca oleh para ustadz/ustadzah/staff beserta siswa-siswi MTs. Ma'arif NU Nurul Islam Bades. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Madrasah yang dilaksanakan setiap hari kamis sebelum memulai jam pelajaran di kelas, kegiatan ini berjalan dengan hikmat. Dalailun najah ini bertujuan untuk memohon petunjuk keberhasilan yang dicita-citakan oleh seluruh siswa maupun ustad/ustadzah.
Dalailun Najah ni memuat istighatsah yang ditulis secara urut sebagai berikut:
1. Surat Al-Fatihah.
2. Surat Yasin.
Kedua surat tersebut dibaca dengan maksud agar murid-murid diberikan kemudahan dalam memahami ilmu pengetahuan yang diberikan di Madrasah selanjutnya ilmunya bermanfaat dan bisa menjadi kekuatan untuk bisa mengantarkan anak yang sholeh/sholehah yang bermanfaat bagi dirinya, kedua orangtuanya, agama, nusa dan bangsanya.
3. Adzan
Adzan ini dibaca dengan suara rendah dengan maksud mengingatkan kepada seluruh civitas MTs Ma'arif NU Nurul Islam Baded bahwa penyelenggaraan pengajaran di lembaga ini adalah ibadah membekali dan memberikan power kepada murid-murid untuk bisa meraih tujuan atau setidaknya salah satu tujuan MTs Ma'arif NU Nurul Islam Bades, yaitu:
  • Menjadi Ulama’-ulama’ besar yang akan dapat menerangi dunia terutama Indonesia.
  • Menjadi para konglomerat besar yang dapat memberi kontribusi maksimal terhadap terwujudnya kesejahteraan bangsa Indonesia.
  • Menjadi para pemimpin dunia dan pemimpin Bangsanya yang akan mengupayakan kesejahteraan dan menegakkan keadilan utamanya di bumi Indonesia.
  • Menjadi para profesionalis yang berkualitas dan bertanggungjawab.
  • Dan selanjutnya kelak murid-murid kelak dalam mengarungi hidupnya senantiasa beribadah mengabdi kepada Allah, Agama, Nusa dan Bangsa.
4. Ayat Kursi
Ayat ini dibaca dengan maksud agar murid-murid serta seluruh keluarga besar MTs Ma'arif NU Nurul Islam Bades senantiasa berada dalam lindungan, naungan dan penjagaan Allah SWT.
5. Surat Ali Imran: 154, Al-Fath: 29 dan Surat At-Taubah: 128-129
Ayat ini dibaca dengan maksud agar murid-murid senantiasa diberikan kesehatan agar kecerdasan mereka juga bisa maksimal dalam mengikuti pelajaran.
Di dalam hadits disebutkan bahwa di dalam Al-Qur’an terdapat dua ayat yang merupakan obat bagi setiap penyakit. Para Ulama’ Ahlil Bashirah (yang memiliki pandangan hati yang kuat) sepakat bahwa dua ayat terdapat pada empat ayat di atas dan masih berbeda pendapat pada hanya dua ayat, oleh karenanya keempat-empatnya dibaca dalam pembacaan dalailun najah. 
6. Surat Al-Hasyr: 21-24
Ayat-ayat ini dibaca agar MTs Unggulan Ma'arif NU Nurul Islam Bades dan seluruh murid-murid, yang membawakan cita-cita luhur dan cita-cita besar senantiasa terlindungi oleh pertolongan Allah dari setiap upaya yang berusaha untuk mematahkannya.
7. Dzikir untuk Kecerdasan
Dzikir ini dibaca 11 kali dengan tujuan agar murid dan seluruh dewan asatidznya diberikan kecerdasan dalam memahami dan memahamkan pelajaran-pelajaran yang disampaikan.
8. Al-Asma’ Al-Husna
Al-Asma’ Al-Husna dibaca sebagai doa penutup kegiatan belajar mengajar di Madrasah/Sekolah di Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Nurul Islam Bades dengan tujuan agar ilmu yang serap terus melekat dan menjadi ilmu yang bermanfaat, barokah. Dan lembaga kita menjadi yang terbaik, terbesar dan unggul. Insya Allah niatan luhur dan cita-cita yang tinggi yang dibawakan dengan penuh tawakkal (berupaya keras dan berdo’a maksimal) akan tercapai.
Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, maka Allah akan memenuhinya menyampaikan kepada cita-citanya.