08 August 2023       93 kali
Pasirian, (08/08/2023). Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU Nurul Islam Bades mengikuti acara Pembukaan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) Guru Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Wilayah Kerja (Wilker) IV di MTs. Alharomain Selok Anyar. Kegiatan ini langsung dibuka oleh Bapak H. Hasanuddin, M.Pd. selaku Kasi Pendma Kabupaten Lumajang dan turut di hadiri oleh 2 Pengawas Madrasah, 19 Kepala Madrasah, 73 Guru Mapel dengan rincian, 21 guru mapel Bahasa Indonesia, 20 guru mapel Matematika, 15 guru mapel IPA, 17 Guru Mapel Bahasa Inggris, dan beberapa panitia PKB Pokja IV.
Dalam kegiatan kali ini sekaligus pembukaan Bimtek PKB KKMTs IV ada beberapa materi yang di sampaikan oleh bapak Kasi dan ibu pengawas Madrasah untuk pembekalan awal Guru Mapel yang ada di Madrasah.
"Saya berharap pembalajaran kuno di Madrasah tidak perlu dibahas lagi, karena kita harus membahas tentang Mutu, Pelayanan dan Daya Saing. Dan saya harap ibu pengawas bisa menciptakan 3 hal tersebut di wilayah binaanya masing-masing. Harapan kami para Kepala Madrasah sudah berani membuat kontrak prestasi dengan wali murid, misalnya ngaji, beribadah dan akhlakul karimah sudah terukur bukan lagi program unggulan dimadrasah, Karena semua itu sudah hukumnya wajib ada dan bisa bagi lulusan Madrasah. Harapan kami dengan adanya program PKB ini bisa mengontrol dan menambah kemampuan Guru Mapel di Madrasah agar bisa mensukseskan ketiga program diatas. Dan saya harap dari adanya PKB ini ada penghargaan untuk guru yang berprestasi dari setiap guru mapelnya. Dan jangan sampai berkurang semangatnya dalam memajukan madrasah dan ngopeni peserta didik dalam pembelajaran". Ujar Bapak Hasanuddin, M.Pd. Selaku Kasi Pendma Kabupaten Lumajang.
"Terimakasih Bapak/ibu guru yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir diacara pembukaan ini, tetap semangat selama pelaksanaan acara ini dan Semoga yang bisa hadir pagi ini bisa menularkan ilmunya nanti ke peserta didiknya". Ujar Ust Basuki Rahmat selaku koordinator Pokja 4
"Kita disini sekarang berbasis wilker jadi semua guru di wilker IV memiliki Hak dan kwajiban untuk hadir serta mengikuti kegiatan dalam pelaksanaan PKB ini, PKB ini nanti akan terbentuknya MGMP di wilker IV ini dalam rangka memperbaiki dan mempelajari IKM yang berjalan saat ini. Dan menjadi ujung tombak guru - guru kita dalam pelaksanaan  pembelajaran di madrasah kita semua. Terimakasih atas pengurus Pokja IV dengan kerja keras dan cerdasnya dalam pelaksanaan kita ini, karena ini kegiatan pertama yang pesertanya total sekitar 100 peserta". Ujar Ibu Sri Wahyuni, S.Pd.  M.Pd. selaku koordinator Pengawas KKMTs IV.
Dalam kesempatan kali ini Bapak Kasi pendma dikasih kesempatan untuk memberikan dan menularkan ilmunya tentang materi Moderasi beragama.
"Cara pandang, sikap, praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama - yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum - berlandaskan prinsip adil, berimbang dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa. Moderasi beragama itu harus : komitmen kebangsaan, Toleransi, Anti kekerasan, Peghormatan pada tradisi". Ujar Bapak Kasi Pendma Lumajang.
dipertengahan acara ini ada materi khusus dari ibu pengawas madrasah yakni ibu Vivi, dalam hal ini beliau memberikan materi tentang Pembelajaran deferensiasi yakni pembelajaran itu tidak harus sama. Kita harus memetaka kebutuhan di kelas serta membedakan kemampuan peserta didik, Kita harus mengetahui karakter peserta didik dan harus menyesuaikan kemampuan peserta didik didalam dikelas. Saat pelaksanaan pembuatan perangkat kita di perbolehkan menghadirkan beberapa langkah-langkah dalam keberhasilan pembelajaranya akan tetapi harus tetap 1 tujuan.
diakhir pembukaan Bimtek PKB wilker IV ini ada sesi dari Ibu Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Selaku Pengawas Bina KKMTs Wilker IV, dalam hal ini beliau memberikan pengarahan tentang Asesmen Pembelajaran (Penilaian dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Beliau sedikit mengupas prihal IKM, IKM ini tidak hanya siswa yang dievaluasi (Formatif dan Sumatif), madrasah juga masuk dalam evaluasi sistem ini, memaparkan alur asesmen, pemahaman yang perlu dimiliki pendidik, penentuan kriteria kenaikan kelas, 3 Prinsip asesmen, kerangka pengembangan pembelajaran, Asesmen awal Belajar, contoh Tahapan asesmen awal belajar, apa itu formatif dan sumatif, pelaksnaan asesmen formatif dan sumatif, asesmen pembelajaran, penekanan pada asesmen formatif, model raport IKM, dan pelaporan kemajuan belajar.
untuk selanjutnya nanti akan dikupas habis dalam pertemuan rutin MGMP Mapel disesi lain waktu, mulai dari In dan On nya akan di dampingi secara intens oleh ibu pengawas madrasah masing-masing, dan semoga dengan terbatasnya waktu ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk kebaikan guru mapel di madrasah masing-masing.

Powered by Froala Editor