15 November 2023       31 kali


Lumajang – Madrasah Tsanawiyah Ma’arif NU Nurul Islam Bades menghadiri undangan dari LP Ma’arif NU Kabupaten Lumajang dengan nomer: PC/L.02/164/XI/2023 tanggal 13 November 2023 yang bertempat di Kantor LP Ma’arif NU Kabupaten Lumajang. Pada pertemuam kali ini menghadirkan kepala Madrasah MI/SD, MTs./SMP, MA/SMA Nahdlotul Ulama’ Se-Kabupaten Lumajang sebanyak 45 Madrasah. Acara ini bertujuan untuk berkoordinasi prihal program Sekolah/Madrasah unggulan Ma’arif NU. Rabu, (15/11/2023).
Dalam kesempatan ini Bapak Fariq Su’udi, S.Pd. selaku wakil ketua bagian 2 memaparkan beberapa hal antara lain :
Dari beberapa perbincangan dengan beberapa instansi LP Ma’arif NU membentuk sekolah unggulan yang dimana setiap kecamatan harus ada binaan sekolah unggul. Dan kami akan mendampingi setiap keunggulan yang ada. Unggulan ini bukan kami yang menentukan, akan tetapi setiap madrasah sendiri yang harus menentukan program apa yang akan di unggulkan. Karena setiap kecamatan tidak akan ada yang sama dan sesuai kebutuhan masyarakat sekitar.
Ada 3 varian keunggulan ini antara lain :
1. Input murid yang bagus dan proses KBM biasa dan output murid bagus
2. Performa Madrasah yang bagus dan kegiatan banyak
3. Input murid rendah menjadi output yang tinggi dan penekanan iklim belajar yang positif
Kami harap nanti saat Kemenag Kab. Lumajang mencari jenis Madrasah ini yang terjaring adalah dari binaan Ma’arif semua. Kami selaku dari wakil Ma’arif bidang kelembagaan berencana nantinya akan ada pelebelan logo Ma’arif lebih di nampakkan.
Sekolah unggulan itu haru ada beberapa kriteria antara lain :
1. Pemilihan Input siswa yang akan masuk di Madrasah
2. Memiliki Tenaga Ajar atau Guru yang sesuai bidangnya
3. Membuat program yang mendukung sekolah menjadi unggul.
4. Adanya program pelatihan untuk guru. 
5. Madrasah memiliki visi dan misi yang jelas.
6. Madrasah memiliki rencana yang strategis dan bertahap
7. Koordinasi yang baik antara warga madrasah
8. Teamwork yang solid
Diakhir pertemuan ini Abah Hasanuddin, MPd. Memberikan sambutanya yang harapanya bisa direalisasikan oleh madrasah yang hadir pada acara hari ini.
“PC NU Kabupaten Lumajang memiliki program Sekolah unggul, oleh karena itu LP Ma’arif NU Kabupaten Lumajang akan mengembangkan program ini disetiap kecamatan yang ada di Lumajang, oleh karena itu kita yang ada di forum ini akan merintis semua ini.  Dan saya harip kepala madrasah yang ditunjuk ini memiliki pola fikir yang positif akan program ini. Dan kami harap madrasah yang ditunjuk madrasah unggulan memiliki KBM yang sudah memiliki Program Digitalisasi,” Ujar Abah Hasanuddin, M.Pd. selaku Ketua  LP. Ma’arif NU Kabupaten Lumajang.
Akan ada pertemuan guru aswaja untuk sekolah unggulan dibidang Mapel Aswaja dan dimohon setiap Madrasah mengirimkan nama-nama guru madrasah ke Staff LP Ma’arif NU Kabupaten Lumajang (Mb evi).
Harapan kami saat lembaga Ma’arif NU mengikuti lomba NU Award 2024 bisa memaksimalkan apa yang telah diikuti dan mendapatkan hasil bagus serta maksimal.