18 May 2024       85 kali


    Lumajang - Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU Nurul Islam Bades melaksanakan kegiatan rutin yang dikemas dengan nama Anjang Sana. Kegiatan ini dikhususkan untuk para ustad/ustadzah beserta staff. Anjangsana bulan ini merupakan kegiatan putaran yang sudah kedua kalinya dan diawali di kediaman ustad Mohamad Safik, S.Pd., M.Pd. kegiatan ini memeiliki beberapa rangakain kegiatan yang diantaranya pembacaan yasin, tahlil, dan mauidzoh hasanah oleh Ustad H. Minanurrohman. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memper eraf tali silaturrahmi dan mendalami tentang ilmu agama yang diambil langsung dari kitab sulam faufiq. Sabtu, (18/05/2024)
    "Syukur alhamdulillah kita bisa melaksanakan kegiatan anjangsana guru ini di periode yang sudah kedua kalinya dalam membahas kitab sulam taufiq. Untuk penilaian bagi siswa kelas IX segera dikerjakan karena untuk persiapan pleno kelulusan yang akan dilaksanakan tanggal 8 juni 2024 yang akan di storkan dalam rapat pleno kelulusan di kkmts kabupaten dengan membawa SKL dan DKN. Dan mohon di cek ulang bagi seluruh wali kelas 9 jangan sampai ada nilai yang kosong atau dibawah KKM. Bagi siswa kelas 7 dan 8 yang materinya belum terselesaikan silahkan di tuntaskan karena awal bulan depan sudah pelaksanaan PAT semester Genap tahun ajaran 2023/2024. AKGTK ini wajib bagi pendidik yang sudah bisa mendaftar di simpatika, silahkan cek di akun masing-masing dan jangan sampai ada yang ketinggalan info AKGTK yang dimana nanti ada 5 TAK yang bisa di pilih antara lain MTSN 1 Lumajang, MAN Lumajang, Miftahul Midad Lumajang, MTs Miftahul Ulum Kaliputih dan MTs. Darunnajah Petahunan. AKGTK ini berfungsi untuk jenjanga setelahnya misalnya dalam pendaftaran PPG ataupun PPPPK di kementerian Agama. Saya sampaikan kepada tim ppdb yang sampai detik ini sudah mendapatkan 100 siswa dan sudah melaksanakan tugas yang sebaik mungkin dan semoga semakin terus bertambah dalam pemerolehan siswanya". Ujar Ustad Mohammad Safik, S.Pd. selaku kepala Madrasah
    Diakhir kegiatan anjangsana ini adalah mauidhoh hasanah yang di berikan langsung oleh ustad H. Minanurrohman dengan mengaji kitab sulam taufiq, yang isinya sebagai berikut :
    Sebagian dari maksiat hati itu
    1. Riya' (pamer amal kebagusan). Riya' ini bisa menghapus amal baik kita yang sudah kita dapat. Contohnya bangga melaksanakan sholat malam dll. Dan merasa bangga diri dengan ibadahnya ini karena dia bukan karena Allah SWT.
    2. Ragu- ragu dengan keberadaan allah
    3. Putus asa dengan rohmatnya Allah
    4. Takabbur (sombong) terhadap orang lain. Takabbur adalah menolak kebenaran dan merasa yang paling bagus dari pada orang lain.
    5. Adanya sifat Drengki. Drengki itu adalah menyimpan permusuhan apabila ada unek-unek yang jelek. Bukan malah dihilangkan tetapi di simpan dan di perbanyak
    6. Adanya sifat hasut. Hasut adalah benci terhadap nikmat yang diperoleh oleh orang lain.
    7. Selalu melaksanakan dosa kecil. Dan tidak ada usaha untuk menghentikan atau mengurangi dosa kecil.
    8. Berburuk sangka (suudzon) terhadap allah dan hamba-hambanya
    9. Tidak percaya takdir yang sudah ditentukan oleh allah.
    10. Bangga melakukan maksiat pada diri sendiri atau orang lain
    11. Melakukan penipuan (tipu muslihat) meskipun terhadap orang kafir.
    12. Benci terhadap sohabat nabi Muhammad SAW atau orang-orang sholeh
    13. Kikir (medit untuk mengeluarkan harta)
    14. tama' (suka sama harta).
    14. Istihanatu (meremehkan) isi alquran, surga, neraka atau lainya yang sudah disyariatkan.