05 February 2024       117 kali


Senin, (05/02/2024). Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU Nurul Islam Bades melaksanakan peringatan Isro' Mi'raj yang dilaksanakan di Masjid Al Hidayah Rohmatulloh Jugosari Candipuro Lumajang. Kegiatan ini merupakan kegiatan gabungan yang dilaksanakan dengan MA Ma'arif NU Nurul Islam Bades yang dihadiri oleh seluruh Ustad/Ustadzah bsserta Staff dan seluruh siswa siswi serta turut hadir juga pemuka agama di daerah sekitar dan beberaoa kepala sekolah daerah sekitar dan kepala desa Jugisari beserta jajaranya. Tujuan kegiatan isro' Mi'roh ini untuk meneladani isro' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dalam mewujudkan manusia tang bertaqwa dan berakhlak mulia, serta untuk mensyiarkan keberadaan MTs-Ma dilingkungan Desa Jugosari.
Dalam kesempatan ini pembicara di isi oleh ustad H Ridwan Asror yang berpesan sebagai berikut :
Rangkaian peristiwa isro' Mi'raj ini untuk menguji pola fikir umat beliau bahwasanya tetap beriman atau tidak. Dan karena hampir semua yang ada di mekkah tidak percaya kalau ada kejadian ini, karena mereka berdasarkan pola fikir mereka dan bawhasanya isro' Mi'raj ini menurut mereka tidak masuk akal. Selain akal kita harus dijernihkan dan ketaqwaan kita harus di perjuangkan.
Bagaimana meningkatkan ketaqwaan kita dengan kegiatan isro' Mi'roj pertamakali adalah nilai keimanannya. Karena kalau keimanan kita ini masih belum sebenarnya. Saat peristiwa Isra' Mi'raj Bahwasanya Rosulullah melihat ada tulisan diatas pintu surga yang bertuliskan amal sodaqoh itu dilipat gandakan 10X. Maka tidak ada alasan lain tentu harus bisa mengambil manfaatnya dan selalu meningkatkan ketaqwaan kita kepada rosululloh. Karena hampir 10 tahun lebih di lingkungan orang mekkah yang tidak beriman (terintimidasi) dan sebelum itu juga beliau ditinggal orang yang disayangi dan menjadikan terputuknya keadaan pada tahun itu maka ada kabar gembira di isro mirojnya nabi Muhammad SAW. Isro' Mi'raj ini sangat istimewa karena khusus perintah sholat beliau dipanggil langsung oleh allah swt untuk mendapatkan printah wajib sholat 5 waktu. 
Akhlaq itu adalah hakikatnya alquran yang dimana pas sekali kalau di MTs-MA Maarif NU Nurul Islma Bades bahwasanya kalau ada program tahfidz alquran. Imam syafi'i ketika pelaksanaan manasik haji karena ada yang membacakan alquran dengan suara yang bagus sampai sampai imam syafii menangis dan bergetar sampai pingsan, karena yang dibaca itu membahas tentang siksaan api neraka kemudian beliau berdoa semoga diselamatkan dari siksaan api neraka dan di pertengahan pulang ke baghdad bertemu dengan seseorang yang lagi berwudlu dan berkata untuk menyempurkan hak hak wudlu dan semoga nanti allah akan menyempurkana kamu. Kemudian yang berwudlu mengikuti imam safi'i untuk belajar ilmu yang diberikan allah kepadamu.  Dan pesan imam syafii untuk berzuhud dan tunakan hak hakmu kepada allah. 
Dengan adanya program Tahfid ini semoga bisa meningkatkan akhlaq anak didiknya. Karena belajar alquran tidak belajar makhroj dan tajwid saja karena harus membaca dengan benar,  meningkatkan tadabbur, amalnya, amalkan ajaranya, Sebarkan cinta alquran dilingkungan kita masing masing.
"Saat nanti diyaumil akhir semoga kita bisa bersama dengan nabi Muhammad Rosululloh SAW. Kalian sekarang tidak akan tau manfaatnya untuk kedepan. Karena disekolah inilah menjadi arahan yang baik untuk kalian semua dan jangan sampai berhenti setengah jalan. Karena kedepanya ijazah ini juga sangat bermanfaat.  Apalagi sekolah kalian menerapkan tentang duniawi dan surgawi. Belajar itu penting karena  pejabat itu tidak ada yang tidak sekolah dan belajarlah sampai jenjang yang paling tinggi. Karena selama kita masih ada sedunia ini tugas kita adalah untuk belajar". Ujar Bapak Mahmudi Kepala Desa Jugosari.